Sunday, 14 December 2008

Kelumpuhan Karir (Rutinitas)

Asalamu'allaikum, wr. wb.

Kelumpuhan Karir
  • Kita merasa jenuh dengan pekerjaan.
  • Kita bermalas-malasan pergi ke tempat kerja.
  • Selalu saja ada alasan untuk ijin atau mengambil cuti.
  • Kita tidak memiliki antusias dalam bekerja.
  • Kinerja kita tidak meningkat tapi menurun.
  • Grafik kita statis dan bukan dinamis.
  • Kreatifitas kita mati dan miskin inovasi.
Bisa jadi semua tanda-tanda di atas menunjukkan bahwa kita sedang mengalami gejala Career Paralyse ( kelumpuhan karir). Kalau tidak segera diatasi, bisa-bisa karir kita akan mandeg atau bahkan tamat!
Bagaimana cara mengatasinya?

1. Pertama, tentukan target baru.
Banyak orang mengalami kelumpuhan karir karena ia sudah kehilangan target. Bisa karena target yang ingin ia capai sangat kabur tapi bisa juga karena targetnya sudah terpenuhi .
Jika target sudah sangat kabur, ada baiknya kita menata ulang lagi target macam apa yang ingin kita capai. Dalam menetapkan targetnya, hendaknya target tersebut benar-benar jelas dan masuk akal. Kalau kelumpuhan karir tersebut disebabkan target yang sudah dipenuhi, kita harus membuat target baru yang lebih besar dan lebih menantang untuk peningkatan karir kita.

2. Kedua, temukan motivasi baru.

Kelumpuhan karir juga disebabkan hilangnya motivasi. Kita perlu mendapatkan kembali hal-hal yang bisa memotivasi kita. Membahagiakan keluarga, menciptakan masa depan yang lebih baik, dan memaksimalkan potensi diri bisa menjadi sumber motivasi bagi kita.

3. ketiga, tidak berpuas diri.
Jika kita sudah berpuas diri dengan apa yang kita kerjakan, puas dengan posisi kita dalam pekerjaan, dan puas dengan hasil kerja kita, bisa-bisa kita akan mengalami kelumpuhan karir, sebab tanda awal dari kelumpuhan karir adalah berpuas diri.

Memang kita harus selalu bersyukur dalam segala hal. Namun hal tersebut bukan berarti membuat kita berhenti dan berpuas diri. Masih ada kesuksesan besar yang perlu kita raih. Masih ada jenjang karir yang lebih tinggi yang perlu kita capai. Masih ada potensi dalam diri yang perlu kita tingkatkan.

Kelumpuhan karir hanya akan membuat potensi diri kita mati dan tidak berkemban


Sumber dari Milist

Uang Bisa buat kaya (2)

Asalamu'allaikum. wr. wb.

Uang Bisa Buat Kaya?
Bagaimana membuat hidup
menjadi kaya? Barangkali inilah topik yang paling dibutuhkan dan paling sering
dicari oleh kebanyakan orang. Di internet saja ada 37.000 situs mengenai cara
menjadi kaya. Seminar-seminar yang memberikan resep kaya, apalagi dengan cara
cepat, selalu sold out atau laris manis. Buku-buku bisnis yang menawarkan jurus
kaya juga sangat diminati. Pada intinya, semuanya berujung pada uang. Uanglah
satu-satunya hal yang diyakini bisa membuat hidup ini kaya.
Faktanya, uang tidak pernah membuat manusia kaya. Mereka yang sudah
kaya masih saja tetap merasa kurang dan mengejar uang yang lebih banyak lagi.
Sebaliknya uang justru membuat kita selalu merasa miskin, merasa kurang dan
tamak, bahkan tidak peduli sebanyak apapun uang yang telah kita miliki.
Berjuta-juta orang masih tetap menghabiskan kehidupannya untuk mengejar
apa yang tidak akan pernah mereka miliki. Ironisnya, mereka mengabaikan apa
yang sebetulnya benar-benar mereka butuhkan. Banyak orang menjadi salah
prioritas pada saat ingin memperkaya hidup mereka dengan uang. Bukannya hidup
tambah kaya, tapi justru kita akan terjebak dengan tuntutan keinginan hidup
yang tidak ada habisnya.
100 tahun dari sekarang ini, orang-orang tidak akan mengenang betapa
kayanya kita, mobil mewah apa yang kita kendarai, luxury house macam apa yang
kita tinggali, bahkan berapa banyak rekening kita di bank. Mengapa? Karena pada
akhirnya, hal yang paling berarti di dalam hidup ini sebenarnya bukanlah hal
yang bersifat kebendaan. Itu sebabnya saya mengingatkan Anda untuk tidak keliru
prioritas dalam hidup. Uang dan materi tidak akan pernah bisa memperkaya hidup
kita, justru kalau tidak hati-hati hidup kita malah dipermiskin olehnya.
Uang sebanyak apapun belum pernah bisa membuat orang menjadi kaya.
Wasalam,

Uang Bisa buat kaya (1)

Uang tidak akan membuat orang menjadi
kaya. Saat kita memiliki segung emas,
kita akan masih merasa kurang, kita
masih menginginkan gunung emas yang
lain.

Namun, uang bisa berperan penting dalam
perjuangan dan dakwah. Seperti yang
dilakukan oleh Abdurahman bin 'Auf
untuk persenjataan saat perang.

Saat ini, uang bisa untuk membangun
masjid, memberantas kemiskinan, dan
berbagai kegiatan demi kemashlahatan
umat.

Cukuplah uang mampir di tangan, bukan
di hati.

Kuncinya adalah Sabar…

Saat ujian menelan perasaan
Saat tangisan menjadi teman,
Saat butiran air mata menganak sungai
Satu kata yang harus selalu kita ingat…. SABAR.

Ketika fitnah menerjang
Ketika prahara menantang
Ketika pijakan kaki mulai goyang
Satu kata yang harus selalu terpatri dihati,,, SABAR

Sabar itu tiada batasannya, tahap demi tahap kesabaran akan
tetap kita lewati
Sabar adalah ciri orang yang rindu akan surga, kesabaran
adalah kunci kemenangan dalan keridhoan. Kesabaran adalah kekuatan.

Setiap manusia dilahirkan dengan
beban permasalan yang berbeda-beda dan semuanya dituntut untuk selalu bersabar,
karena Allah tidak akan pernah membebani hambanya melebihi kekuatan hambaNya.
Namun dikala dihimpit rasa yang begitu mengundahkan hati maka mengadulah dengan
Zat yang maha penyabar ,, menangislah dalam keheningan panjang dan merasakan
dekapan kasih Nya , dalam sujud panjang. Biarkan tiap jengkal sajadah menjadi
saksi tangisan buah kesabaran itu.. Biarkan sang kekasih menjadi saksi ..
bukankah orang sabar itu kekasih Allah.

Indahnya kesabaran akan
mendekatkan kita kepada Nya… karena apa yang luput darimu tidak akan menimpamu
,apa yang menimpamu tidak akan luput darimu. Kemenangan seiring dengan
kesabaran, jalan keluar seiring dengan cobaan dan kemudahan seiring dengan
kesulitan..

Dan….. Akan kah kita telah
menjadi orang yang SABAR ????????

Wallahua’lam …

Motivasi Tukang Bakso Jalanan

Di suatu senja sepulang kantor, saya masih berkesempatan
untuk ngurus tanaman di depan rumah, sambil memperhatikan beberapa anak asuh
yang sedang belajar menggambar peta, juga mewarnai. Hujan rintik – rintik selalu
menyertai di setiap sore di musim hujan ini.

Di kala tangan sedikit berlumuran tanah kotor,...terdengar suara tek...tekk..
.tek... suara tukang bakso dorong lewat. Sambil menyeka keringat..., ku
hentikan tukang bakso itu dan memesan beberapa mangkok bakso setelah menanyakan
anak - anak, siapa yang mau bakso ?

"Mauuuuuuuuu. ...", secara serempak dan kompak anak – anak asuhku menjawab.

Selesai makan bakso, lalu saya membayarnya. .. Ada satu hal yang menggelitik
fikiranku selama ini ketika saya membayarnya, si tukang bakso memisahkan uang
yang diterimanya. Yang satu disimpan dilaci, yang satu ke dompet, yang lainnya
ke kaleng bekas kue semacam kencleng. Lalu aku bertanya atas rasa penasaranku
selama ini.

"Mang kalo boleh tahu, kenapa uang - uang itu Emang pisahkan ? Barangkali ada
tujuan ?" "Iya pak, Emang sudah memisahkan uang ini selama jadi tukang
bakso yang sudah berlangsung hampir 17 tahun. Tujuannya sederhana saja, Emang
hanya ingin memisahkan mana yang menjadi hak Emang, mana yang menjadi hak orang
lain / tempat ibadah, dan mana yang menjadi hak cita - cita penyempurnaan iman
".

"Maksudnya.. ..?", saya melanjutkan bertanya.

" Iya Pak , kan agama dan Tuhan menganjurkan kita agar bisa berbagi dengan
sesama. Emang membagi 3, dengan pembagian sebagai berikut :

1. Uang yang masuk ke dompet,
artinya untuk memenuhi keperluan hidup sehari-hari Emang dan keluarga.

2. Uang yang masuk ke laci, artinya untuk
infaq/sedekah, atau untuk melaksanakan ibadah Qurban. Dan alhamdulillah selama
17 tahun menjadi tukang bakso, Emang selalu ikut qurban seekor kambing,
meskipun kambingnya yang ukuran sedang saja.

3. Uang yang masuk ke kencleng, karena
emang ingin menyempurnakan agama yang Emang pegang yaitu Islam. Islam mewajibkan
kepada umatnya yang mampu, untuk melaksanakan ibadah haji. Ibadah haji
ini tentu butuh biaya yang besar. Maka Emang berdiskusi dengan istri dan istri
menyetujui bahwa di setiap penghasilan harian hasil jualan bakso ini, Emang
harus menyisihkan sebagian penghasilan sebagai tabungan haji. Dan insya Allah selama
17 tahun menabung, sekitar 2 tahun lagi Emang dan istri akan melaksanakan
ibadah haji.

Hatiku sangat...... .....sangat tersentuh mendengar jawaban itu. Sungguh sebuah
jawaban sederhana yang sangat mulia. Bahkan mungkin kita yang memiliki nasib
sedikit lebih baik dari si emang tukang bakso tersebut, belum tentu memiliki
fikiran dan rencana indah dalam hidup seperti itu. Dan seringkali berlindung di
balik tidak mampu atau belum ada rejeki.

Terus saya melanjutkan sedikit pertanyaan, sebagai berikut : "Iya memang bagus...,tapi
kan ibadah haji itu hanya diwajibkan bagi yang mampu, termasuk memiliki
kemampuan dalam biaya....".

Ia menjawab, " Itulah sebabnya Pak. Emang justru malu kalau bicara soal mampu
atau tidak mampu ini. Karena definisi mampu bukan hak pak RT atau pak RW, bukan
hak pak Camat ataupun MUI. Definisi "mampu" adalah sebuah definisi
dimana kita diberi kebebasan untuk mendefinisikannya sendiri. Kalau kita
mendefinisikan diri sendiri sebagai orang tidak mampu, maka mungkin selamanya
kita akan menjadi manusia tidak mampu. Sebaliknya kalau kita mendefinisikan
diri sendiri, "mampu",
maka Insya Allah dengan segala kekuasaan dan kewenangannya Allah akan memberi kemampuan
pada kita".


"Masya Allah..., sebuah jawaban elegan dari seorang tukang bakso".

Saturday, 25 October 2008

MOTIVASI BEKERJA

Assalamualaikum Wr wb

Saat memulai kembali beraktifitas, jujur saya agak kurang semangat.
Apalagi tiba-tiba kerjaan begitu menumpuk, bukan karena ditumpuk
melainkan karena sudah momen-nya siklus kerja lagi tinggi.

Sebenernya saya bingung, gimana ya menyemangati diri? Di tengah
demotivasi tiba-tiba saya teringati seorang kakak pembimbing yang
cukup saya kagumi, darinya saya pernah mendapatkan beberapa tips,
diantaranya :

Luruskan niat untuk ibadah
Ikhlas karena Allah ta'ala.
Buat orientasi setinggi-tingginya
Jalani dan nikmati setiap ritme yang ada
Yakinkan yang kita kerjakan saat ini bukan Cuma untuk kita tapi juga
untuk orang banyak.
Yakinlah amal ibadah yang ikhlas karena Allah akan menjadi penambah
rekening pahala untuk dapat membeli tiket ke surga kelak.


Beliau mengilustrasikan tips tersebut melalui sebuah kisah (mohon
maaf kalo ga sama persis, karena ingatan saya sangat terbatas, lebih
kurangnya saya modifikasi, terutama pada nama-nama yang ada adalah
fiktif belaka namun Insya Allah maksud dan kesimpulannya sama) :

Ada seorang mahasiswa sedang riset tentang motivasi kerja manusia,
kali ini dia riset pada tiga kuli bangunan suatu bangunan sekolah
yang belum jadi.

Dia mengamati dalam sepekan bagaimana tiga orang kuli ini bekerja,
yang pertama bernama Yanto anak muda berusia 23 tahun, yang kedua
Parman berusia 27 tahun dan yang ketiga Abdul 45 tahun. Si mahasiswa
sendiri bernama Hadi. Hadi heran, kenapa pak Abdul terlihat jauh
lebih semangat dalam bekerja, padahal usianya lebih tua dan badannya
lebih kurus bila dibandiungkan kedua kuli yang lain. Si Yanto selalu
terlihat lesu dan malas sekali, lebih sering tidur. Si Parman
terlalu sering istirahat dan merokok sambil melamun.

Karena penasaran kenapa kinerja ketiga orang ini begitu
berbeda,apakah gerangan penyebabnya? maka pada pekan ke-2 terjadilah
percakapan sbb:

Hadi : "Assalamu'alaikum mas Yanto, maaf menggangu istirahatnya
sebentar."

Yanto : " oh ya, ga papa mas. Ada apa?"

HAdi : "Kalo boleh tau, apa yang menjadi motivasi mas yanto bekerja
menjadi kuli"

Yanto : " Mas HAdi ngeledek ya… ? mana ada sih yang punya motivasi
untuk jadi kuli?

Saya sebenernya juga ga mau mas. Tapi sejak lulus SMA saya ngelamar
kemana-

mana ga' dapet. Mau lanjut kuliah kaya' mas Hadi gini, ga punya
uang. Ya…

daripada Cuma jadi sampah masyarahat, saya terimalah kerjaan kasar
nguli ini."

Hadi : (sambil manggut-manggut dan berfikir, pantes aja terlihat
males-malesan, sudah

ga ikhlas ga punya orientasi ke depan lagi..)

"oh gitu ya mas Yanto. Kalau pak Parman, gimana Pak?"

Parman : "Kalo saya… sudah kewajiban, kalo ga kerja gimana anak –
istri saya bisa

makan? Belum lagi biaya sekolah, waduh mas beban hidup kian hari
kian

menumpuk. Ya.. mau ga' mau saya kerja apa aja, tapi karena ijazah
saya ga punya

Ya Kuli inilah tempat saya menopang hidup untuk menanggung semua
beban "

Hadi : (manggut-manggut lagi, yang ini punya orientasi untuk
keluarga namun masih

kurang ikhlas, dia terlalu focus pada beban keluarga yang begitu
menumpuk, sehingga sedikitpun tidak bias mengerjakan pekerjaan
dengan nyaman)

"Nah… Kalo Pak Abdul gimana pak?

Abdul : "Saya mas… saya senang menggeluti apapun pekerjaan saya,
pertama yang

penting halal, kedua berkah. Bukan hanya untuk saya tapi juga org
banyak mas."

Hadi : (kali ini tidaklangsung manggut-manggut, melainkan
mengkerutkan dahi)

" Berkah? Maksudnya apa ya pak? Maaf saya belum
mengerti"

Abdul : (sambil tersenyum setelah menikmati air minum yang ia
teguk dengan

Nikmatnya) "Begini mas.. berkah untuk saya itu adalah buah dari rasa
syukur di

usia ini saya masih kuat bekerja, sehingga saya mendapatkan hasil
yang cukup untuk kebutuhan saya dan keluarga sehari-hari. "

Hadi : "Kalau berkah uuntuk orang banyaknya apa Pak?" masih
tampak kebingungan

di wajahnya.

Abdul : " Berkah untuk orang banyak maksudnya. Pekerjaan yang saat
ini saya kerjakan

adalah membangun peradaban Bangsa loh mas"

Hadi : "Duh pak, ko' saya makin bingung ya…? Apa
hubungannya 'kuli' dan

peradaban Bangsa?"

Abdul : sambil tersenyum lagi menjelaskan, " Lah mas Hadi baca di
papan sana, di sana

jelas ditulis bahwa yang saya bangun saat ini adalah sekolah.
Sekolah adalah

tempat mendidik generasi penerus Bangsa ini loh mas. Nah generasi
penerus

inilah tempat bergantungnya peradaban Bangsa kita kedepan nanti.
Kalau saya

sembarangan dalam bekerja, bias celaka mereka nanti. Kalau mereka
celaka,

bagaimana nasib peradaban Bangsa kita ke depan nantinya? Itu yang
membuat

saya sangat semangat. Walaupun saya hanya kuli,pekerjaan saya ini
juga punya

peran dalam MEMBANGUN PERADABAN BANGSA "

Hadi : (kali ini ia baru bisa manggut-manggut bak burung pelatuk.
Dia baru mengerti

Kenapa walau usia telah mulai tua dan badan kurus
kering, Pak Abdul terlihat

sangat semangat dalam bekerja. Sudah ikhlas, orientasi ke depannya
sangat jauh.

Sehingga usia dan tenaga sedikit pun tidak menjadi hambatan, bahkan
ia

Sedikitpun tak memikirkan beban hidupnya saat bekerja.)

" Terimakasih Bapak-bapak semua atas segala bantuannya, insya Allah
sangat

Mambantu saya dalam menyelesaikan tugas. Juga menambah wawasan saya

Tentunya. "

Alhamdulillah setelah mengulang kisah tadi yang telah cukup lama
saya simpan dalam memori ingatan saya, kini saya dapat mengembalikan
semangat saya dalam bekerja.

Jazakumullah khairan katsiran untuk Bang Satria Hadi Lubis, semoga
pahala selalu mengalir untuk Abang atas segala nasihatnya yang
sangat bermanfaat ini, semoga Abang sekeluarga mendapat keberkahan
dan perlindungan dari Allah SWT, amin ya Robbal alamin.

Wallahu a'lam bi shawab, Semoga bermanfaat juga untuk yang
membaca,amin

Wabillahi taufiq wal hidayah

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tuesday, 21 October 2008

10 Cara Meredam Amarah Wanita

Dalam sebuah hubungan, tentu ada fase-fase saat Anda dan pasangan saling berselisih paham. Hal itu bukan masalah besar bila Anda berdua bisa mengatasinya dengan kepala dingin. Namun bila Anda berdua terbakar emosi, sangat tidak baik jadinya.

Saat Anda melihat ada tanda-tanda ia mulai frustasi, jangan tunggu sampai amarahnya memuncak. Redamlah amarahnya sebelum berkobar.

1. Jangan terpancing emosi
Jika Anda terpancing melihatnya marah, justru masalah akan semakin runyam. Saat Anda merasa mulai sedikit terpengaruh, tekankan pada diri Anda bahwa "dia tidak akan membuat saya marah," ujar Paul Hauck, PhD, psikolog dan penulis How to Cope with People Who Drive You Crazy and Overcoming Frustration and Anger. Bila pun masalah itu datang dari Anda, sebaiknya Anda tetap tenang, dan kemudian meminta maaf bila kemarahannya sudah mereda.

2. Diam saja
Saat wanita sedang emosi, ia cenderung tidak bisa menerima penjelasan. Jadi, percuma saja membeberkan fakta atau penjelasan saat ia sedang marah. Lebih baik diam saja hingga kemarahannya mereda, baru kemudian pelan-pelan jelaskan padanya.

"Memberi penjelasan saat dia marah bisa diartikannya bahwa Anda tak menghargai dan mendegarkannya," ujar Michael Staver, penulis 21 Ways to Defuse Anger and Calm People Down.

3. Mengaku salah
"Bila Anda memang merasa bersalah, akuilah," ujar Staver. "Tapi jangan lakukan itu dengan cara merendahkan diri."

4. Pahami dia
"Jika Anda melihat dia sedang memiliki masalah besar, jadilah pendengar yang baik," saran Hauck. Jangan tunggu sampai pedang dicabut dari sarungnya, sebelum dia benar-benar emosi, tenangkan hatinya dengan memberikan sedikit perhatian.

5. Mundur selangkah
"Anda tak harus selalu mengiyakan pendapatnya," ujar Staver. "Namun usahakan Anda memahami permasalahan yang ada melalui perspektifnya. Ini berarti Anda menghargainya." Seringkali, wanita terbakar emosinya karena menganggap hal yang menurut Anda biasa saja, tapi menuruntnya tidak adil.

6. Perhatikan kontak mata
Kontak mata ini sangat penting artinya. Bila Anda selalu menghindari bertatapan mata dengannya saat berbicara, berati Anda sudah mulai emosi, tapi bila Anda mempertahankan kontak mata, berarti Anda mengerti dan mendengarkannya.

Jangan pernah menghindari masalah dengan menghindar darinya. Mungkin maksud Anda ingin menghindari pertengkaran, tapi dia bisa mnegartikan lain, bahwa Anda berusaha lari dari masalah.

7. Ikut terlibat
Saat ia berbicara, ajukan beberapa pertanyaan. Ini menandakan bahwa Anda serius mendengarkan dan berusaha memahami masalahnya.

8. Ajak dia keluar
"Berjalan-jalan sebentar ke luar rumah memiliki efek menenangkan," ujar Susan Heitler, psikolog yang juga penulis The Power of Two.

9. Ucapkan kata-kata 'ajaib'
Kamu benar. Maafkan aku. Aku setuju. Tidak ada hal yang lebih baik untuk mendinginkan suasana selain mengalah. Tapi bukan berarti Anda harus benar-benar menuruti semua katanya. Anda hanya perlu menekankan beberapa hal yang masih bisa dikompromikan. Tekankan bahwa Anda setuju dengannya.

10. Tentukan batasan
Anda berdua harus menyepakati hal-hal tertentu yang berpotensi menimbulkan konflik, kemudian tentukan batas toleransinya.

Sumber: Suaramerdeka.com

10 Tips Mempertajam Memori

Siapa bilang penyakit lupa alias tidak ingat itu cuma konsumsi para lansia. Karena mereka yang masih muda-muda pun bisa saja mengidap penyakit tulalit alias pelupa layaknya yang tua-tua. Malu kan dibilang tulalit sama pacar?

Banyak faktor yang menjadi biang keladi munculnya gangguan kelupaan tersebut, mulai dari makanan yang dikonsumsi, pekerjaan yang menumpuk serta kesibukan-kesibukan lainnya.

Belum lagi dengan keakraban orang muda dengan berbagai perangkat teknologi moderen. Telepon selular, komputer, e-mail, hingga internet, disebut-sebut sebagai piranti teknologi yang bisa memaksa tubuh dan otak terus bekerja selama 24 jam.

Nah, hiruk-pikuknya aktivitas tersebutlah yang konon bisa memicu hilangnya kemampuan otak untuk mengingat-ingat. Namun begitu, gangguan kelupaan tersebut tetap bisa diatasi, kok. Dengan mengikuti beberapa tip sederhana ini, mudah-mudahan penyakit lupa tersebut bisa dihindari:

1. Fokuskan diri untuk mendengar dan kurangi berbicara. Pasalnya, dengan mendengar akan mendorong kita untuk lebih berkonsentrasi.

2. Disiplin berdiet. Melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein, di samping juga buah dan sayuran, akan memberikan suntikan ‘tenaga’ bagi otak.

3. Usahakan untuk mengurangi bahkan mungkin menghindari pergaulan dengan mereka yang selalu berpikiran negatif. Sebaliknya kembangkan selalu pemikiran positif. Karena berpikir positif itu bisa menstimulir proses kerja otak.

4. Hindari mengkonsumsi makanan berlemak tinggi. Pasalnya lemak-lemak tersebut bisa menyumbat saluran arteri yang tengah menyuplai darah ke otak.

5. Baca, baca, dan baca. Banyak membaca dengan diselingi bermain puzzle merupakan latihan yang sangat baik bagi otak. Karenanya, isilah waktu senggang Anda dengan berbagai jenis bacaan, dari yang fiksi hingga yang berat sekalipun nggak apa-apa kok.

6. Minumlah vitamin, khususnya vitamin E dan suplemen yang mengandung unsur seng. Berbagai penelitian menunjukkan kalau kedua unsur tersebut bisa membantu memperlambat proses penuaan dini serta meningkatkan kemampuan ingatan.

7. Jangan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Terlalu banyak alkohol konon akan membunuh sel-sel otak secara perlahan-lahan, lho.

8. Rencanakan selalu aktivitas berinteraksi dengan orang lain. Karena yang namanya bersosialisasi itu konon bisa mengusir rasa malas pada otak.

9. Hindari mengkonsumsi obat-obatan yang tidak perlu. Menurunkan berat badan, tekanan darah, serta kadar kolesterol dalam tubuh terkadang lebih ampuh dengan diet dan olahraga ketimbang obat-obatan. Selain itu usahakan untuk mempelajari dan mengetahui efek samping dari obat-obatan yang Anda minum. Obat tidur misalnya, konon bisa mengakibatkan hilangnya memori.

10. Cobalah untuk menjadwalkan olahraga secara rutin dalam agenda Anda. Pasalnya, aktivitas tersebut bisa melancarkan sirkulasi darah ke otak.

Nah, selamat mencoba ya…biar nggak lagi disindir, “Belum Tua kok pelupa sih”.

Berhentilah Jadi Gelas

Sumber: Dari Milis

Berhentilah Jadi Gelas

Seorang guru sufi mendatangi seorang muridnya ketika wajahnya
belakangan ini selalu tampak murung.

"Kenapa kau selalu murung, nak? Bukankah banyak hal yang indah di
dunia ini? Ke mana perginya wajah bersyukurmu? " sang Guru bertanya.

"Guru, belakangan ini hidup saya penuh masalah. Sulit bagi saya untuk
tersenyum. Masalah datang seperti tak ada habis-habisnya, " jawab sang
murid muda.

Sang Guru terkekeh. "Nak, ambil segelas air dan dua genggam garam.
Bawalah kemari. Biar kuperbaiki suasana hatimu itu."
Si murid pun beranjak pelan tanpa semangat. Ia laksanakan permintaan
gurunya itu, lalu kembali lagi membawa gelas dan garam sebagaimana
yang diminta.

"Coba ambil segenggam garam, dan masukkan ke segelas air itu," kata
Sang Guru. "Setelah itu coba kau minum airnya sedikit."
Si murid pun melakukannya. Wajahnya kini meringis karena meminum air
asin.

"Bagaimana rasanya?" tanya Sang Guru.

"Asin, dan perutku jadi mual," jawab si murid dengan wajah yang masih
meringis.

Sang Guru terkekeh-kekeh melihat wajah muridnya yang meringis
keasinan.

"Sekarang kau ikut aku." Sang Guru membawa muridnya ke danau di dekat
tempat mereka. "Ambil garam yang tersisa, dan tebarkan ke danau."
Si murid menebarkan segenggam garam yang tersisa ke danau, tanpa
bicara. Rasa asin di mulutnya belum hilang. Ia ingin meludahkan rasa
asin dari mulutnya, tapi tak dilakukannya. Rasanya tak sopan meludah
di hadapan mursyid, begitu pikirnya.

"Sekarang, coba kau minum air danau itu," kata Sang Guru sambil
mencari batu yang cukup datar untuk didudukinya, tepat di pinggir
danau.

Si murid menangkupkan kedua tangannya, mengambil air danau, dan
membawanya ke mulutnya lalu meneguknya. Ketika air danau yang dingin
dan segar mengalir di tenggorokannya, Sang Guru bertanya
kepadanya, "Bagaimana rasanya?"

"Segar, segar sekali," kata si murid sambil mengelap bibirnya dengan
punggung tangannya. Tentu saja, danau ini berasal dari aliran sumber
air di atas sana . Dan airnya mengalir menjadi sungai kecil di bawah.
Dan sudah pasti, air danau ini juga menghilangkan rasa asin yang
tersisa di mulutnya.

"Terasakah rasa garam yang kau tebarkan tadi?"

"Tidak sama sekali," kata si murid sambil mengambil air dan
meminumnya lagi. Sang Guru hanya tersenyum memperhatikannya,
membiarkan muridnya itu meminum air danau sampai puas.

"Nak," kata Sang Guru setelah muridnya selesai minum. "Segala masalah
dalam hidup itu seperti segenggam garam. Tidak kurang, tidak lebih.
Hanya segenggam garam. Banyaknya masalah dan penderitaan yang harus
kau alami sepanjang kehidupanmu itu sudah dikadar oleh Allah, sesuai
untuk dirimu. Jumlahnya tetap, segitu-segitu saja, tidak berkurang
dan tidak bertambah. Setiap manusia yang lahir ke dunia ini pun
demikian. Tidak ada satu pun manusia, walaupun dia seorang Nabi, yang
bebas dari penderitaan dan masalah."

Si murid terdiam, mendengarkan.

"Tapi Nak, rasa `asin' dari penderitaan yang dialami itu sangat
tergantung dari besarnya 'qalbu'(hati) yang menampungnya. Jadi Nak, supaya
tidak merasa menderita, berhentilah jadi gelas. Jadikan qalbu dalam dadamu itu
jadi sebesar danau."

Wednesday, 15 October 2008

Puasa Melepas Kebiasaan Merokok

Pada tahun 1604, Raja James I menulis tentang pemeriksaan atas mayat-mayat para perokok berat. Dia menemukan bahwa pada tubuh bagian dalam mayat-mayat itu tercemar dan terinfeksi oleh semacam bubuk hitam dan berminyak. Kenyataan ini paling tidak membuktikan bahwa rokok itu berbahaya.

Satu isapan sebatang rokok saja mengandung puluhan ribu zat polutan. Jika asap ini dingin, beberapa diantaranya berubah menjadi cairan yang dapat menghasilkan tar tembakau. Tar yang berwujud massa berwarna coklat tersebut dapat menempel pada paru-paru, kuku, dan gigi perokok. Oleh karena itu, para perokok berat pada umumnya memiliki kuku dan gigi kuning kecoklatan.

Seorang yang menghabiskan sepuluh batang rokok sehari, dalam setahun paling tidak telah menghirup 30.000 kali asap rokok. Padahal, dalam sekali hisap terhirup sekitar 4.000 macam zat polutan. Zat polutan yang dikandung asap tembakau antara lain nikotin, karbon monoksida (zat beracun yang keluar dari knalpot), aseton (penghapus cat), metanol (bahan bakar roket), naftalen (kapur barus), kadmium (dipakai pada accu mobil), vinil klorida (bahan plastik PVC), DDT (racun serangga), arsen (racun semut putih), toluen (pelarut industri), amonia (pembersih lantai), butana (bahan bakat korek api), dan hidrogen sianida (racun yang digunakan untuk pelaksanaan hukuman mati). Bila terbawa oleh aliran tubuh, zat-zat tersebut dapat mempengaruhi berbagai organ tubuh.

Nikotin, racun paling berbahaya yang dikandung oleh rokok, memang dapat menenangkan pikiran. Inilah sesungguhnya yang dicari-cari oleh perokok sebagaimana halnya obat-obatan yang memiliki fungsi adiktif yang memberi efek kecandauan kepada para pemakainya. Setelah menghisap asap rokok, sekitar 7,5 detik kemudian nikotin telah tiba di otak dan kemudian merangsang hormon yang dapat menimbulkan perasaan tenang.

Gerbang pertama yang menjadi sasaran asap rokok adalah paru-paru, salah satu organ di dada yang memiliki susunan rumit. Paru-paru terdiri atas lima jenis sel yang semuanya sangat peka terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh asap rokok. Selain ke paru-paru, racun-racun rokok juga menyebar ke setiap sel dalam tubuh. Dengan demikian, kerusakan yang timbul dimuali dari tingkat sel sampai ke berbagai organ serta sistem organ dalam tubuh.

Merokok mengakibatkan kesehatan paru-paru terancam. Hemoglobin lebih mudah membawa karbon dioksida daripada membawa oksigen ke paru-paru. Dengan demikian otot tidak memperoleh oksigen yang cukup. Sedangkan nikotin yang terbawa dalam aliran darah dapat mempengaruhi denyut jantung, kulit, penyempitan pembuluh darah, dan menyebabkan hati melepaskan gula ke dalam aliran darah.

Sekian banyak penyakit yang ditimbulkan oleh kebiasaan buruk merokok antara lain jantung koroner, kanker paru-paru, kanker mulut/tenggorokan/kerongkongan, bronkhitis, penyakit pembuluh darah otak, ulkus peptikum, gangguan janin dalam kandungan, dan emfisema (penyakit paru-paru yang juga diderita oleh penderita bronkhitis). Pada penderita emfisema, 80% energi yang dimiliki hanya digunakan untuk bernapas.

Para ahli dari WHO menyatakan bahwa di suatu negara dengan kebiasaan merokok yang telah meluas akan menyebabkan terjadinya 80-90% kematian akibat penyakit paru-paru, 75% kematian akibat bronkhitis, 40% kematian karena kanker kandung kencing, dan 25% kematian akibat penyakit jantung iskemik. Tradisi merokok menyebabkan kematian mendadak akibat serangan jantung antara 2-4 kali.

Dampak rokok terhadap kesehatan tubuh tidak hanya dirasakan oleh para perokok aktif, tetapi juga dirasakan oleh para perokok pasif, yaitu mereka yang tidak merokok tetapi ikut menghisap asap rokok. Dalam jangka waktu yang panjang, limpahan asap rokok ini juga dapat berisiko sama dengan yang diderita oleh para perokok aktif.

Pada umumnya orang mengetahui bahwa kebiasaan merokok yang dilakukan dapat merusak kesehatan. Namun bagi orang yang sudah kecanduan, menghentikan semuanya itu tidaklah mudah. Lebih-lebih bila kebiasaan buruk ini sudah dimulai sejak usia kanak-kanak, ditambah lagi dengan pengaruh lingkungan yang kerap memberikan dukungan kepadanya.

Ibadan puasa melatih untuk melepaskan diri dari cengkraman kebiasaan merokok. Puasa mendidik agar tidak terikat oleh tradisi dan rutinitas tertentu, apalagi tradisi dan rutinitas itu buruk. Aktivitas puasa akan mengatasi kebiasaan merokok secara berangsur-angsur, selama disertai dengan niat yang kuat untuk mengendalikan diri dan berhenti karena inti puasa adalah pengendalian diri. Selama menjalani puasa, orang berlatih lepas dari kebiasaan merokok dan ternyata bisa karena ada kemauan. Pada saat puasa, mengkonsumsi makanan yang sehari-hari dihalalkan saja harus dikendalikan, maka lebih-lebih mengkonsumsi makanan yang diharamkan dan dimakruhkan. Intinya adalah kemauan untuk memutuskan kebiasaan. Bila tidak ada kemauan, maka sampai kapan pun kebiasaan buruk akan terus berjalan, lebih-lebih yang telah dimulai sejak usia dini.

riset para ahli membuktikan setelah menjalani puasa, darah para pecandu rokok bersih dari racun nikotin. Jika nikotin telah bersih dari tubuh para perokok, kecanduan akan berkurang dan secara berangsur-angsur akan lenyap. Efek mulut asam pada pecandu rokok yang berusaha menghentikan kebiasaannya bersifat sementara dan dapat diatasai dengan mengonsumsi buah-buahan atau permen sebagai pengganti rokok.

Mekanisme puasa terhadap efek kecanduan rokok adalah jantung dapat bekerja sebagaimana mestinya, peredaran darah kembali normal sehingga tampak lebih sehat, dan kepekaan indera perasa dan penciuman meningkat sehingga dapat lebih menikmati kelezatan makanan yang disantap.

Jika kecanduan terhadap rokok dapat dihentikan dengan menjalani puasa, tidak mustahil kecanduan serupa seperti kecanduan alkohol, narkotika, ekstasi, dan obat-obatan terlarang lainnya dapat pula diatasi dengan puasa. Kuncinya sekali lagi ada pada niat yang ikhlas dan kemauan yang kuat untuk mengendalikan diri. []

Sumber:
Syarifuddin, Ahmad. 2003. Puasa Menuju Sehat Fisik dan Psikis. Gema Insani Press. Jakarta. Hal 159-163

Tuesday, 14 October 2008

Kekuatan Harapan

Seberapa besar harapan mempengaruhi hidup kita? Jawabannya, sangat besar!
Bagaimana
tidak, dengan harapan kita jadi punya semangat untuk maju. Dengan
harapan kita jadi punya kesempatan untuk berbuat lebih.

Ini
adalah pengalaman saya pribadi tentang bagaimana sebuah harapan
memberikan saya kesempatan kedua. Karena harapan adalah sebuah do'a.

Februari
tahun lalu, saya sudah hampir putus asa mencari pinjaman uang untuk
registrasi semester baru. Pada saat itu, kondisi keuangan keluarga
sedang dalam kondisi yang tidak baik. Beasiswa yang saya andalkan untuk
pembayaran registrasi setiap semester pun, tidak lagi dapat saya
andalkan dikarenakan datangnya memang sering tidak tepat waktu. Saya
sudah berusaha meminta penundaan pembayaran ke rektorat bagian
kemahasiswaan, tetapi lagi-lagi saya harus kecewa karena formulirnya
sudah habis. Dan parahnya hari itu adalah hari minus satu batas akhir
registrasi.

Dalam kondisi seperti itu, saya berharap akan ada keajaiban. Kalau
memang saya harus berhenti kuliah saat ini, saya tidak akan terlalu
kecewa karena saya sudah sampai sejauh ini. Namun, dalam hati kecil
saya berharap bahwa hal ini tidak perlu terjadi. Bahwa saya masih dapat
melanjutkan menggapai impian saya. Saya hanya berharap dan berdo'a.

Di
saat saya sedang berpikir dan berharap, tiba-tiba saja telepon kos
berdering pada tanggal 14 Februari 2007 pukul 08.45 WIB. Seorang ketua
departemen Badan Eksekutif Mahasiswa yang dulu pernah menjadi kakak kos
saya, memberi tahu bahwa saya harus hadir di Rektorat bagian
kemahasiswaan untuk mengambil beasiswa registrasi pukul 09.00 WIB. Saya
kaget, campur bahagia, campur terharu dan sempat meneteskan air mata
saking gembiranya. Saya hanya punya waktu 15 menit untuk bersia-siap
dan menuju kampus. Saat itu, saya merasakan aliran semangat dan
motivasi yang besar.

Selepas registrasi, saya baru sadar bahwa
saya tidak pernah mengajukan beasiswa tersebut. Lalu bagaimana mungkin
nama saya bisa tercantum dalam daftar penerima beasiswa?
Setelah
lama berpikir, saya teringat beberapa hari yang lalu seorang teman
bertanya, apakah saya sudah registrasi. Teman saya itu terus saja
mengulang pertanyaan yang sama setiap ada kesempatan. Ternyata, teman
saya itulah yang menceritakan masalah saya pada presiden BEM saat itu
untuk segera ditindak lanjuti. Begitulah yang terjadi. Dengan kekuatan
harapan, saya mendapatkan keajaiban dari sebuah persahabatan.

Sejak
saat itu, saya tahu kalau saya berharap banyak, maka saya akan mendapat
lebih. Tidak menyerah pada situasi hidup yang sedang dijalani adalah
kuncinya. Karena hanya orang lemah saja yang berputus asa. Karena
selalu ada kesempatan bagi yang mau berharap. Itulah kekuatan harapan
yang sesungguhnya.

Thanks buat sahabatku, Wina. May Allah always bless you, sist.

more articles...
http://www.mudlfiroh.blogspot. com/

Monday, 13 October 2008

Menjemput RiZky

Bismillahirrohmaani rrohiim.. .
Barangsiapa mengejar dunia maka ia hanya akan mendapatkan kebaikan
duniawi saja tetapi barang siapa mengejar akhirat dalam pemahaman
dien yang benar maka ia akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan
akhirat...barangsia pa menolong agama Alloh maka Alloh akan menolong
dirinya...kita tidak menjumpai istilah "bekerja" di dalam qur'an
melainkan sedikit sekali tetapi kita lebih dianjurkan untuk beriman
dan beramal sholih secara berulang-ulang, sedang masalah rezeki
sesungguhnya Alloh yang ngatur.Marilah kita kembali kepada konsep
keimanan yang nampak tidak biasa dan banyak orang bilang
bertentangan dengan logika...Kita perbanyak belajar ilmu agar dapat
lebih banyak punya kemampuan untuk membantu/bekerjasam a dengan teman
atau sahabat muslim yang pada dasarnya punya niat/cita2 yang
baik,kita jg berdakwah demi membangun generasi islam
mendatang... beramal,bekerjas ama dengan penuh keikhlasan, ketulusan
dan kejujuran dan kesungguhan/ totalitas, insya Alloh, Alloh Maha
Kaya Maha Pemberi Rezeki...sesungguhn ya rezeki itu semata2 bukan
karena usaha kita tetapi lebih karena kemurahanNya, sebuah syair :

Sesungguhnya rizqiku tidak akan diambil orang lain...
Dan amalku tidak bisa diwakilkan.. .
Dan Kematianku hanyalah menunggu waktu...

Wallohu a'lam bishowab.

Wednesday, 24 September 2008

MENCINTAI TANPA SYARAT

Dari Milis Tetangga...

Dear All,




Mari kita jaga silahturahmi & persahabatan diantara kita & salam untuk keluarga



Ini cerita Nyata, beliau adalah Bp. Eko Pratomo (?), Direktur Fortis
Asset Management yg sangat terkenal di kalangan Pasar Modal dan
Investment,
beliau juga sangat sukses dlm memajukan industri Reksadana di Indonesia


Apa yg diutarakan beliau adalah Sangat Benar sekali.

Silahkan baca dan dihayati.

*MAMPUKAH KITA MENCINTAI TANPA SYARAT* - - - sebuah perenungan

Buat para suami baca ya..... istri & calon istri juga boleh..
Dilihat dari usianya beliau sudah tidak muda lagi, usia yg sudah
senja bahkan sudah mendekati malam,Pak Suyatno 58 tahun kesehariannya diisi
dengan merawat istrinya yang sakit istrinya juga sudah tua.
Mereka menikah sudah lebih 32 tahun.

Mereka dikarunia 4 orang anak disinilah awal cobaan menerpa,setelah
istrinya melahirkan anak ke empat tiba2 kakinya lumpuh dan tidak bisa
digerakkan itu terjadi selama 2 tahun, menginjak tahun ke tiga
seluruh tubuhnya menjadi lemah bahkan terasa tidak bertulang
lidahnyapun sudah tidak bisa digerakkan lagi.
Setiap hari pak suyatno memandikan, membersihkan kotoran, menyuapi,
dan mengangkat istrinya keatas tempat tidur. Sebelum berangkat kerja
dia letakkan istrinya didepan TV supaya istrinya tidak merasa kesepian.

Walau istrinya tidak dapat bicara tapi dia selalu melihat istrinya
tersenyum, untunglah tempat usaha pak suyatno tidak begitu jauh dari
rumahnya sehingga siang hari dia pulang untuk menyuapi istrinya makan
siang. sorenya dia pulang memandikan istrinya, mengganti pakaian dan
selepas maghrib dia temani istrinya nonton televisi sambil
menceritakan apa2 saja yg dia alami seharian.

Walaupun istrinya hanya bisa memandang tapi tidak bisa menanggapi,
Pak Suyatno sudah cukup senang bahkan dia selalu menggoda istrinya
setiap berangkat tidur.

Ru tini tas ini dilakukan Pak Suyatno lebih kurang 25 tahun, dengan sabar
dia merawat istrinya bahkan sambil membesarkan ke empat buah hati
mereka, sekarang anak2 mereka sudah dewasa tinggal si bungsu yg masih
kuliah.

Pada suatu hari ke empat anak suyatno berkumpul dirumah orang tua
mereka sambil menjenguk ibunya. Karena setelah anak mereka menikah
sudah tinggal dengan keluarga masing2 dan Pak Suyatno memutuskan ibu
mereka dia yg merawat, yang dia inginkan hanya satu semua anaknya
berhasil.

Dengan kalimat yg cukup hati2 anak yg sulung berkata "
Pak kami ingin sekali merawat ibu semenjak kami kecil melihat bapak
merawat ibu tidak ada sedikitpun keluhan keluar dari bibir
bapak....... bahkan bapak tidak ijinkan kami menjaga ibu" . dengan air mata
berlinang anak itu melanjutkan kata2nya "sudah yg keempat kalinya kami
mengijinkan bapak menikah lagi, kami rasa ibupun akan mengijinkannya,
kapan bapak menikmati masa tua bapak dengan berkorban seperti ini kami
sudah tidak tega melihat bapak, kami janji kami akan merawat ibu
sebaik-baiknya secara bergantian"..

Pak Suyatno menjawab hal yg sama sekali tidak diduga anak2 mereka."
Anak2ku ......... Jikalau perkawinan & hidup didunia ini hanya untuk nafsu,
mungkin bapak akan menikah..... .tapi ketahuilah dengan adanya
ibu kalian disampingku itu sudah lebih dari cukup, dia telah
melahirkan kalian.. sejenak kerongkongannya tersekat,... kalian yg
selalu kurindukan hadir didunia ini dengan penuh cinta yg tidak satupun
dapat menghargai dengan apapun. coba kalian tanya ibumu apakah dia
menginginkan keadaanya seperti Ini.

Kalian menginginkan bapak bahagia, apakah bathin bapak bisa bahagia
meninggalkan ibumu dengan keadaanya sekarang, kalian menginginkan
bapak yg masih diberi Tuhan kesehatan dirawat oleh orang lain,
bagaimana dengan ibumu yg masih sakit."

Sejenak meledaklah tangis anak2 pak suyatno merekapun melihat
butiran2 kecil jatuh dipelupuk mata ibu Suyatno.. dengan pilu
ditatapnya mata suami yg sangat dicintainya itu.. Sampailah akhirnya
Pak Suyatno diundang oleh salah satu stasiun TV swasta untuk menjadi
nara sumber dan merekapun mengajukan pertanyaan kepada Suyatno
kenapa mampu bertahan selama 25 tahun merawat Istrinya yg sudah
tidak bisa apa2... disaat itulah meledak tangis beliau dengan
tamu yg hadir di studio kebanyakan kaum perempuanpun tidak sanggup
menahan haru.

Disitulah Pak Suyatno bercerita.
"Jika manusia didunia ini mengagungkan sebuah cinta dalam
perkawinannya, tetapi tidak mau memberi ( memberi waktu, tenaga,
pikiran, perhatian) adalah kesia-siaan. Saya memilih istri saya menjadi
pendamping hidup saya, dan sewaktu dia sehat diapun dengan sabar
merawat saya mencintai saya dengan hati dan bathinnya bukan dengan
mata, dan dia memberi saya 4 orang anak yg lucu2..
Sekarang dia sakit karena berkorban untuk cinta kita bersama..dan itu
merupakan ujian bagi saya, apakah saya dapat memegang komitmen untuk
mencintainya apa adanya. sehatpun belum tentu saya mencari
penggantinya apalagi dia sakit,,,"

LOWONGAN PERUSAHAAN ISTIMEWA

Dari Milis Tetangga....

Sebuah lowongan istimewa telah dipersiapkan sebelum alam ini diciptakan. Lowongan ini terbuka bagi semua orang tanpa pengecualian, tanpa melihat pengalaman kerja, tanpa ijazah, tanpa koneksi. Lowongan ini terbuka bagi semua pengangguran maupun yang sedang bekerja dengan latar belakang apapun, baik direktur, gubernur, tukang becak, perampok, koruptor, pembunuh, pendeta, kyai, para dermawan, dll.

LOWONGAN DISEDIAKAN UNTUK 2 POSISI :
A. Penghuni Syurga
B. Penghuni Neraka

FASILITAS :

1. UNTUK POSISI A DISEDIAKAN FASILITAS DAN KOMPENSASI SBB :

Sebelum kandidat diberi fasilitas final berupa Syurga yang kekal abadi, kandidat dijamin akan memperoleh training outdoor dan indoor, berupa :
1. Nikmat kubur.
2. Jaminan perlindungan di Padang Mahsyar.
3. Keselamatan meniti Sirath-al mustaqim.

Syurga memiliki berbagai kenikmatan yang tidak dapat dibandingkan dengan kenikmatan dunia. Rasulullah bersabda, Demi Allah, dunia ini dibanding akhirat ibarat seseorang yang mencelupkan jarinya ke laut; air yang tersisa di jarinya ketika diangkat itulah nilai dunia (HR Muslim). Nikmat yang lebih indah dari syurga adalah merasakan ridha Allah dan kesempatan merasakan wajah Allah, inilah puncak segala kenikmatan, inilah kenikmatan yang tak mampu dibayangkan manusia, yaitu keindahan menikmati sifat-sifat dan kalam murni Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

2. UNTUK POSISI B DIPASTIKAN AKAN MENIKMATI BERAGAM KESEMPATAN DIBAWAH INI

Kandidat dipastikan mendapat berbagai fasilitas Neraka berupa alam terbuka dengan fasilitas pemanas ruangan yang bertemperatur sangat luar biasa panasnya. Bahkan bila sebutir pasir neraka dijatuhkan ke muka bumi maka mengeringlah seluruh samudera di muka bumi ini dan mendidihlah kutub es yang ada di muka bumi ini. Bahkan bila seseorang dikeluarkan dari dalamnya sekejab kemudian dipindahkan ke tumpukan api unggun yang menyala-nyala di muka bumi ini maka iapun akan merasa lega.
Neraka sangat luas, jadi para pelamar posisi ini tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat. Para pelamar posisi ini juga tak perlu khawatir segera mati kalau dibakar, karena tubuh kita akan dibuat sedemikian rupa hingga mampu memuai kalau dibakar (seperti kerupuk bila digoreng). Rasulullah saw bersabda, Di neraka gigi seorang kafir akan (memuai) hingga sebesar gunung Uhud, dan (tebal) kulitnya membentang sejauh tiga hari perjalanan . Dalam hadits lain, Rasulullah saw bersabda, Neraka dipegang oleh tujuh puluh ribu tali, dan setiap talinya di pegang oleh tujuhpuluh ribu malaikat (HR Muslim). Rasulullah saw bersabda, Allah mempunyai malaikat yang jarak antara kedua belah matanya adalah sepanjang seratus tahun perjalanan (diriwaya tkan oleh Abu Hurairah, HR Muslim)(Abu Daud, Ibn Hanbal).

Oh, ya. Fasilitas ini juga meliputi makanan gratis yang mampu membakar isi perut, minuman yang mampu membocorkan usus serta fasilitas kolam renang gratis yang berisi nanah dan darah. Beberapa pembantu gratis juga disiapkan untuk menyayat lidah orang-orang yang suka menyakiti hati orang lain, maupun menyeterika perut orang-orang yang tidak membayar zakat.

MASA TRAINING

Selain fasilitas tersebut, para kandidat akan melewati masa training yang lamanya mencapai ribuan tahun, yaitu :

1. Training indoor didalam kubur berupa siksa kubur dan ?hidup? dalam kesengsaraan ditemani ular dan makhluk aneh lainnya serta wajah-wajah buruk selama bertahun-tahun hingga ribuan tahun di alam barzakh tergantung kualitas amal ibadahnya dan dosa-dosa yang ia lakukan.
2. Training outdoor dilakukan di padang Mahsyar selama ribuan tahun, dalam suasana kepanikan dan huru-hara yang luar biasa. Bapak, ibu, anak dan saudara-saudara kita tak mampu menolong kita karena setiap orang sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri. Bahkan para nabipun tidak mampu menolong, kecuali nabi Muhammad SAW yang akan menolong umatnya yang rajin bersholawat padanya.

SYARAT-SYARAT PELAMAR

- Tidak diperlukan ijazah
- Tidak diperlukan koneksi atau uang sogok.
- Tidak perlu bawa harta
- Tidak perlu berwajah cantik, ganteng, berbadan tegap atau seksi.
Cukup membawa dokumen asli dari keimanan dan amal karya Anda sendiri.

WAKTU WAWANCARA :

1. Wawancara tahap 1, dilakukan 7 langkah setelah pelayat terakhir meninggalkan kuburan Anda. Sabda Rasulullah SAW: "Sesungguhnya bila jenazah seseorang diletakkan di dalam kubur,maka jenazah itu mendengar suara sandal orang-orang yang mengantarnya ke kuburan pada saat mereka meninggalkan tempat itu (hadist hasan yang diriwayatkan oleh Ahmad Hanbal). Perlu diketahui jadwal wawancara Anda ini sudah ditentukan sejak roh ditiupkan ke tubuh Anda semasa dalam kandungan ibu.

2. Wawancara tahap 2 : Hanya Allah lah yang tahu.

LOKASI DAN LAMA WAWANCARA

- Wawancara tahap I, dilakukan di dalam kubur (alam barzakh) selama beberapa menit hingga ribuan tahun tergantung posisi yang dilamarnya.

- Wawancara tahap II, dilakukan pada hari penghisaban (hari perhitungan) selama beberapa hari hingga ribuan tahun tergantung posisi yang dilamarnya. Dalam salah satu haditsnya Rasulullah pernah bersabda bahwa jarak waktu masa pengadilan antara orang-orang kaya dan orang-orang miskin adalah 500 tahun. Berbahagialah Anda yang miskin selama di dunia, yang memiliki sedikit harta untuk diminta pertanggungjawabann ya (karena sebutir nasi yang Anda buang akan diminta pertanggungjawabann ya).

PEWAWANCARA:

Wawancara tahap I, dilakukan oleh Malaikat Mungkar dan Nakir.
Wawancara ini berisi pertanyaan :
1. Siapa Tuhanmu ?
2. Apa agamamu ?
3. Siapa nabimu?
4. Apa kitabmu?
5. Dimana kiblatmu ?
6. Siapa saudaramu?
Sungguh 6 pertanyaan yang sangat mudah, tapi sayangnya tidak bisa dihapal dari sekarang karena keimanan dan amal kitalah yang akan menjawabnya.

Wawancara tahap II, dilakukan langsung oleh sang Penguasa Hari Kemudian

CARA MELAMAR:

Sekalilagi, ini benar-benar rekrutmen yang sangat istimewa, tidak perlu melamar, siapa saja dijamin diterima, bahkan untuk melamarpun Anda akan dijemput secara khusus. Dijemput oleh makhluk sekaliber malaikat yang bernama Izroil. Ia akan menjemput anda kapan dan dimana saja (bisa jadi sebentar lagi).

INFORMASI LEBIH LANJUT

Simaklah hadits dibawah ini, sesungguhnya terlalu banyak rahasia alam ini yang tidak mampu kita ketahui, apalagi mengenai akhirat.
Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya aku mampu melihat apa yang tak sanggup kalian lihat. Kudengar suara gesekan dilangit (berkriut-kriut) , langit sedemikian padatnya, tak ada tempat kosong bahkan seluas empat jari sekalipun karena langit dipenuhi para malaikat yang sedang bersujud kepada Allah SWT. Demi Allah ! Sekiranya kalian mengetahui apa yang aku ketahui (tentang akhirat), niscaya kalian tidak akan pernah tertawa sedikitpun, bahkan kalian pasti akan banyak menangis (karena takut). Dan niscaya kalian tidak akan pernah bisa bersenang-senang dengan istri-istri kalian, dan niscaya kalian akan keluar berhamburan ke jalan-jalan (berteriak) untuk memohon (ampun) dan memanjatkan doa kepada Allah (meminta perlindungan dari bencana akhirat) yang akan Dia timpakan ( HR Tirmidzi & Al-Bukhari)

Sementara jutaan Malaikat dengan penuh rasa takut dan hormat sedang bersujud kepada Allah, dan sementara Malaikat peniup Sangkakala sudah siap di depan trompetnya sejak alam ini diciptakan, sementara itu pula masih banyak diantara kita yang masih terlena dengan dunia ini. Tidak sadar ia bahwa dirinya sedang masuk dalam program penerimaan lowongan yang ada di akhirat.

MAU MELAMAR KE POSISI B ?

Mudah saja, hiduplah sesuka anda.

Saturday, 20 September 2008

Darah dalam tubuh

Dari Milis Tetangga :

Kekentalan darah dalam tubuh, mengapa terjadi???



Pernah di suruh minum yang banyak tiap harinya... dan bertanya 'Mengapa harus minum air putih banyak-banyak. .? Dapet info bagus nih... mudah2an bermanfaat.. .Sebenarnya jawabannya cukup 'mengerikan' tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa dijelaskan sbb: Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air.

Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%.Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah : Otak
dan Darah. !!Otak memiliki komponen air sebanyak 90%,Sementara darah memiliki Komponen air 95%. Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Jumlah di atas harus ditambah bila anda seorang perokok .

Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari...? Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya...? Dengan jalan 'menyedot' air dari komponen tubuh sendiri. Dari otak...? Belum sampai segitunya (wihh...bayangkan otak kering gimana jadinya...), melainkan dari sumber terdekat : Darah. !!Darah yang disedot airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancer ketimbang yang encer. Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah), Ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darahEh, tadi saya sudah bicara tentang otak ' kan ...? Nah saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi 'encer', dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya (ya wajarlah namanya juga kurang makan) Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah Berat bila darah mengental... ),maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.


Sekarang tinggal anda pilih:

melakukan 'investasi' dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari - atau- 'membayar bunga' lewat sakit ginjal atau stroke.

Hak Cipta Di Curi Orang Asing

KISAH SEDIH DARI BALI

Kisah sedih dialami Desak Suarti, seorang pengrajin perak dari
Gianyar, Bali . Pada mulanya, Desak menjual karyanya kepada seorang
konsumen di luar negeri. Orang ini kemudian mematenkan desain
tersebut. Beberapa waktu kemudian, Desak hendak mengekspor kembali
karyanya. Tiba-tiba, ia dituduh melanggar Trade Related Intellectual
Property Rights (TRIPs). Wanita inipun harus berurusan dengan WTO.

"Susah sekarang, kami semuanya khawatir, jangan-jangan nanti
beberapa motif asli Bali seperti `patra punggal', `batun poh', dan
beberapa motif lainnya juga dipatenkan", kata Desak Suarti dalam
sebuah wawancara.

Kisah sedih Desak Suarti ternyata tidak berhenti sampai di sana .
Ratusan pengrajin, seniman, serta desainer di Bali kini resah
menyusul dipatenkannya beberapa motif desain asli Bali oleh warga
negara asing. Tindakan warga asing yang mempatenkan desain warisan
leluhur orang Bali ini membuat seniman, pengrajin, serta desainer
takut untuk
berkarya.

Salah satu desainer yang ikut merasa resah adalah Anak Agung Anom
Pujastawa. Semenjak dipatenkannya beberapa motif desain asli Bali
oleh warga asing, Agung kini merasa tak bebas berkarya. "Sebelumnya,
dalam satu bulan saya bisa menghasilkan 30 karya desain perhiasan
perak. "Karena dihinggapi rasa cemas, sekarang saya tidak bisa
menghasilkan satu desain pun," ujarnya hari ini.

Potret di atas adalah salah satu gambaran permasalahan perlindungan
budaya di tanah air. Cerita ini menambah daftar budaya indonesia
yang dicuri, diklaim atau dipatenkan oleh negara lain, seperti Batik
Adidas, Sambal Balido, Tempe, Lakon Ilagaligo, Ukiran Jepara, Kopi
Toraja, Kopi Aceh, Reog Ponorogo, Lagu Rasa Sayang Sayange, dan lain
sebagainya.

LANGKAH KE DEPAN

Indonesia harus bangkit dan melakukan sesuatu. Hal inilah yang
melatarbelakangi berdirinya Indonesian Archipelago Culture
Initiatives
(IACI), informasi lebih jauh dapat dilihat di http://budaya-
indonesia.org/

Untuk dapat mencegah agar kejadian di atas tidak terus berlanjut,
kita harus melakukan sesuatu. Setidaknya ada 2 hal perlu kita secara
sinergis, yaitu:

1. Mendukung upaya perlindungan budaya Indonesia secara hukum.
Kepada rekan-rekan sebangsa dan setanah air yang memiliki kepedulian
(baik bantuian ide, tenaga maupun donasi) di bagian ini, harap
menggubungi IACI di email: office@budaya- indonesia. org

2. Mendukung proses pendataan kekayaan budaya Indonesia .
Perlindungan hukum tanpa data yang baik tidak akan bekerja secara
optimal. Jadi, jika temen-temen memiliki koleksi gambar, lagu atau
video tentang budaya Indonesia, mohon upload ke situs PERPUSTAKAAN
DIGITAL BUDAYA INDONESIA, dengan alamat http://budaya- indonesia. org/

Jika Anda memiliki kesulitan untuk mengupload data, silahkan
menggubungi IACI di email: office@budaya- indonesia. org

- Lucky Setiawan

nb: Mohon bantuannya untuk menyebarkan pesan ini ke email ke teman,
mailing-list, situs, atau blog, yang Anda miliki. Mari kita dukung
upaya pelestarian budaya Indonesia secara online.

Bahan khutbah singkat ...

Hidup akan terasa indah dan nikmat, jika umat Islam memahami hal-hal berikut:
1. Dunia bukanlah tujuan hidup, tapi ada negeri akhirat sebagai tujuan
akhir. Dunia itu hanyalah sementara, tidak ada keabadian didalamnya.
Jadi yg kita kejar adalah sesuatu yg semu.

2. Apapun yg ada di dunia kita cintai dan benci, akan meninggalkan
kita juga akan kita tinggalkan. Ada akhir dari hidup di dunia. Maka
janganlah melupakan ibadah pada ALLOH SWT. Kesengsaraan dan kebahagiaan
adalah hal sementara.

3. Sekecil apapun amalan kita (baik dan buruk) akan dimintai pertanggungjawabann ya.

Sebuah nasehat singkat seseorang yg bijak, ketika dia bertanya pada murid2nya, barangkali bisa menjadi bahan renungan kita.
- Hal yg paling dekat di dunia adalah kematian.
- Hal yg paling jauh di dunia adalah masa lalu.
- Hal yg paling berat di dunia adalah amanah (tanggung jawab).
- Hal yg paling ringan di dunia adalah meninggalkan shalat 5 waktu.
Mari kita renungkan kembali hal2 di atas, terutama di bagian sholat.
Apakah kita termasuk yg lalai, atau yg bertanggung jawab? Apakah rapat,
pekerjaan, dan aktivitas duniawi lain lebih utama dari sholat 5 waktu?

Suara Hati Cinta

Dari Milis yang tidak diketahui Penulisnya

Suami saya adalah seorang yang sederhana, saya mencintai sifatnya yang alami dan saya menyukai perasaan hangat yang muncul di perasaan saya, ketika saya bersandar di bahunya yang bidang.
Tiga tahun dalam masa perkenalan, dan dua tahun dalam masa pernikahan, saya
harus akui, bahwa saya mulai merasa lelah, alasan-alasan saya mencintainya
dulu
telah berubah menjadi sesuatu yang menjemukan.

Saya seorang wanita yang sentimentil dan benar-benar sensitif serta
berperasaan halus.
Saya merindukan saat-saat romantis seperti seorang anak yang menginginkan
permen.
Tetapi semua itu tidak pernah saya dapatkan.

Suami saya jauh berbeda dari yang saya harapkan. Rasa sensitif-nya kurang.
Dan ketidakmampuannya dalam menciptakan suasana yang romantis dalam
pernikahan kami telah mementahkan semua harapan saya akan cinta yang ideal.
Suatu hari, saya beranikan diri untuk mengatakan keputusan saya kepadanya,
bahwa saya menginginkan perceraian. "Mengapa?", tanya suami saya dengan
terkejut.
"Saya lelah, kamu tidak pernah bisa memberikan cinta yang saya inginkan,"
jawab saya.

Suami saya terdiam dan termenung sepanjang malam di depan komputernya,
tampak seolah-olah sedang mengerjakan sesuatu, padahal tidak.
Kekecewaan saya semakin bertambah, seorang pria yang bahkan tidak dapat
mengekspresikan perasaannya, apalagi yang bisa saya harapkan darinya?

Dan akhirnya suami saya bertanya, "Apa yang dapat saya lakukan untuk
merubah pikiran kamu?" Saya menatap matanya dalam-dalam dan menjawab
dengan pelan,"Saya punya pertanyaan, jika kau dapat menemukan jawabannya
di dalam perasaan saya, saya akan merubah pikiran saya :
"Seandainya, saya menyukai setangkai bunga indah yg ada di tebing gunung.
Kita berdua tahu jika kamu memanjat gunung itu, kamu akan mati.
Apakah kamu akan memetik bunga itu untuk saya?"

Dia termenung dan akhirnya berkata, "Saya akan memberikan jawabannya besok."

Perasaan saya langsung gundah mendengar responnya.
Keesokan paginya, dia tidak ada di rumah, dan saya menemukan selembar kertas
dengan oret-oretan tangannya dibawah sebuah gelas yang berisi susu hangat
yang bertuliskan ..
"Sayang, saya tidak akan mengambil bunga itu untukmu, tetapi ijinkan saya
untuk menjelaskan alasannya." Kalimat pertama ini menghancurkan perasaan
saya.
Saya melanjutkan untuk membacanya.

"Kamu selalu pegal-pegal pada waktu 'teman baik kamu' datang setiap
bulannya,
dan saya harus memberikan tangan saya untuk memijat kaki kamu yang pegal."
"Kamu senang diam di rumah, dan saya selalu kuatir kamu akan menjadi 'aneh'.
Saya harus membelikan sesuatu yang dapat menghibur kamu di rumah atau
meminjamkan lidah saya untuk menceritakan hal-hal lucu yang saya alami."

"Kamu selalu terlalu dekat menonton televisi, terlalu dekat membaca buku,
dan itu tidak baik untuk kesehatan mata kamu. Saya harus menjaga mata saya
agar ketika kita tua nanti, saya masih dapat menolong mengguntingkan kuku
kamu dan mencabuti uban kamu."

"Tangan saya akan memegang tangan kamu, membimbing kamu menelusuri pantai,
menikmati matahari pagi dan pasir yang indah. Menceritakan warna-warna
bunga yang bersinar dan indah seperti cantiknya wajah kamu."
"Tetapi Sayang, saya tidak akan mengambil bunga indah yang ada di tebing
gunung itu hanya untuk mati. Karena, saya tidak sanggup melihat air mata
kamu mengalir.
"Sayang, saya tahu, ada banyak orang yang bisa mencintai kamu lebih dari
saya mencintai kamu. Untuk itu Sayang, jika semua yang telah diberikan
tangan saya, kaki saya, mata saya tidak cukup buat kamu, saya tidak bisa
menahan kamu untuk mencari tangan, kaki, dan mata lain yang dapat
membahagiakan kamu."

Air mata saya jatuh ke atas tulisannya dan membuat tintanya menjadi kabur,
tetapi saya tetap berusaha untuk terus membacanya.
"Dan sekarang, Sayang, kamu telah selesai membaca jawaban saya.
Jika kamu puas dengan semua jawaban ini, dan tetap menginginkan saya untuk
tinggal di rumah ini, tolong bukakan pintu rumah kita, saya sekarang sedang
berdiri
di sana menunggu jawaban kamu."

"Jika kamu tidak puas dengan jawaban saya ini, Sayang, biarkan saya masuk
untuk membereskan barang-barang saya, dan saya tidak akan mempersulit hidup
kamu. Percayalah, bahagia saya adalah bila kamu bahagia."

Saya segera berlari membuka pintu dan melihatnya berdiri di depan pintu
dengan wajah penasaran sambil tangannya memegang susu dan roti kesukaan
saya. Oh, kini saya tahu, tidak ada orang yang pernah mencintai saya lebih
dari dia mencintai saya.

Itulah cinta, di saat kita merasa cinta itu telah berangsur-angsur hilang
dari perasaan kita, karena kita merasa dia tidak dapat memberikan cinta
dalam wujud yang kita
inginkan, maka cinta itu sesungguhnya telah hadir dalam wujud lain yang
tidak pernah
kita bayangkan sebelumnya.
Seringkali yang kita butuhkan adalah memahami wujud cinta dari pasangan
kita, dan bukan mengharapkan wujud tertentu.

Karena cinta tidak selalu harus berwujud "bunga".

Jangan Lupa dengan Memberi

Dari MILIS Tetangga

Saya sering mengamati bagaimana kerja kerasnya para pebisnis internet dalam mempromosikan produk atau jasa. Sesuatu yang patut dibanggakan atas kerja kerasnya. Mereka rajin memasang iklan baris, mengirim email di mailing list, posting di forum, komentar di blog, nulis artikel, dan sebagainya. Namun, sedikit saja yang disayangkan, kebanyakan mereka hanya “meminta” bukannya memberi. Lalu apa salahnya?

Jadi Optimis Sekarang Juga!


Beberapa kali saya menjajaki kerja sama dengan beberapa pebisnis internet. Ajakan saya ditolak, entah mengapa. Mungkin saya tidak perlukan untuk keberhasilan mereka. Tetapi, anehnya mereka memanfaatkan milist dan website saya untuk promosi produk mereka. Sehingga bisa terlihat bahwa mereka mau mendapatkan tetapi tidak mau memberi.

Saya maklumi mereka, mungkin masih pemula. Karena saat saya belajar kepada para pebisnis yang sudah disebut “guru” justru mereka sering kali bermurah hati. Joe Vitale pernah menulis ebook yang berjudul “Rahasia Terbesar Mendapatkan Uang” yang merupakan kumpulan dari beberapa artikel pebisnis internet lainnya. Tahukan Anda apa inti ebook tersebut? Memberi. Yah, rahasia terbesar dalam mencari uang ialah memberi.

Robert G. Allen pernah menulis suatu kata-kata yang menginspirasi dalam bukunya One Minute Millionaire, “Pemberi adalah Penerima”. Ini berarti jika Anda ingin menerima, maka Anda harus memberi terlebih dahulu. Dalam konsep agama Islam juga sama, bahkan lebih baik. Jika kita mau memberi, Allah akan melipat gandakan pemberian kita, baik di dunia maupun nanti di akhirat. Sungguh indah konsep memberi.

Terlepas seberapa besar penghasilan Anda saat ini, jika Anda ingin meningkatkan lagi penghasilan Anda, maka tingkatkanlah memberi. Memberi tidak selalu harus dengan uang, banyak cara memberi. Anda bisa memberikan link, bisa memberikan ebook, bisa memberikan artikel, bisa memberikan konsultasi, dan berbagai pemberian yang bisa Anda lakukan baik materil maupun non materil. Anda bisa meningkatkan level bisnis Anda dengan cara lebib banyak memberi.

Percayalah, bahwa kita tidak akan pernah rugi dengan memberi. Kita juga jangan berpikir bahwa balasan akan datang dari orang yang kita beri saja, tetapi bisa dari mana pun karena banyak sekali cara kita mendapatkan. Jika kita hanya berharap kepada orang yang kita beri saja, artinya ialah kita mempersempit diri untuk mendapatkan rezeki dari Allah yang datangnya bisa dari mana saja.

Thursday, 13 March 2008

Tampilan

Bagaimanakah menurut Rekan-rekan Blog saya ini ?
 

Blogger news

    follow me on Twitter

    Blogroll

    About

    Bookmark and Share