Saturday, 20 September 2008

Jangan Lupa dengan Memberi

Dari MILIS Tetangga

Saya sering mengamati bagaimana kerja kerasnya para pebisnis internet dalam mempromosikan produk atau jasa. Sesuatu yang patut dibanggakan atas kerja kerasnya. Mereka rajin memasang iklan baris, mengirim email di mailing list, posting di forum, komentar di blog, nulis artikel, dan sebagainya. Namun, sedikit saja yang disayangkan, kebanyakan mereka hanya “meminta” bukannya memberi. Lalu apa salahnya?

Jadi Optimis Sekarang Juga!


Beberapa kali saya menjajaki kerja sama dengan beberapa pebisnis internet. Ajakan saya ditolak, entah mengapa. Mungkin saya tidak perlukan untuk keberhasilan mereka. Tetapi, anehnya mereka memanfaatkan milist dan website saya untuk promosi produk mereka. Sehingga bisa terlihat bahwa mereka mau mendapatkan tetapi tidak mau memberi.

Saya maklumi mereka, mungkin masih pemula. Karena saat saya belajar kepada para pebisnis yang sudah disebut “guru” justru mereka sering kali bermurah hati. Joe Vitale pernah menulis ebook yang berjudul “Rahasia Terbesar Mendapatkan Uang” yang merupakan kumpulan dari beberapa artikel pebisnis internet lainnya. Tahukan Anda apa inti ebook tersebut? Memberi. Yah, rahasia terbesar dalam mencari uang ialah memberi.

Robert G. Allen pernah menulis suatu kata-kata yang menginspirasi dalam bukunya One Minute Millionaire, “Pemberi adalah Penerima”. Ini berarti jika Anda ingin menerima, maka Anda harus memberi terlebih dahulu. Dalam konsep agama Islam juga sama, bahkan lebih baik. Jika kita mau memberi, Allah akan melipat gandakan pemberian kita, baik di dunia maupun nanti di akhirat. Sungguh indah konsep memberi.

Terlepas seberapa besar penghasilan Anda saat ini, jika Anda ingin meningkatkan lagi penghasilan Anda, maka tingkatkanlah memberi. Memberi tidak selalu harus dengan uang, banyak cara memberi. Anda bisa memberikan link, bisa memberikan ebook, bisa memberikan artikel, bisa memberikan konsultasi, dan berbagai pemberian yang bisa Anda lakukan baik materil maupun non materil. Anda bisa meningkatkan level bisnis Anda dengan cara lebib banyak memberi.

Percayalah, bahwa kita tidak akan pernah rugi dengan memberi. Kita juga jangan berpikir bahwa balasan akan datang dari orang yang kita beri saja, tetapi bisa dari mana pun karena banyak sekali cara kita mendapatkan. Jika kita hanya berharap kepada orang yang kita beri saja, artinya ialah kita mempersempit diri untuk mendapatkan rezeki dari Allah yang datangnya bisa dari mana saja.

No comments:

 

Blogger news

    follow me on Twitter

    Blogroll

    About

    Bookmark and Share