Thursday, 4 June 2009

Tidak Punya Uang? So What Gitu Lho?

Diambil dari Artikel Pak Rahmat Motivasi-islma
Terimakasih Pak dan Bagus


Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orang yang baru mau bisnis ialah tidak memiliki modal. Tidak punya uang untuk belajar seperti beli ebook, buku, dan video. Tidak punya uang untuk membeli atau menyewa peralatan bisnis. Tidak punya uang untuk promosi, dan sebagainya.

Akhirnya, bisnisnya tidak pernah mulai. Jika bisnis tidak pernah mulai maka dia tidak pernah mendapatkan uang. Nggak ada ujungnya dech. Seolah untuk mendapatkan uang, diperlukan uang. Sebenarnya, untuk mendapatkan uang, tidak selalu harus punya uang dulu. Kita akan mendapatkan uang jika kita memberikan nilai atau manfaat kepada orang lain.

Lalu, langkah apa yang harus diambil jika kita memang benar-benar tidak punya uang?

Pertama, ambil hikmahnya. Kenapa Anda tidak punya uang? Lalu harus bagaimana? Jangan pernah diam dengan suatu kondisi. Selalu berpikir untuk mencari jalan keluar atau solusi. Tuliskan berbagai alternatif untuk keluar dari kondisi ini.

Kedua, berdo’alah. Banyak orang yang tidak punya, tetapi dia tidak pernah berdo’a. Atau jarang berdo’a. Atau berdo’a tapi asal-asalan. Mulai sekarang, mari kita berdo’a kepada Allah dengan seyakin-yakinnya. Jika kita yakin, do’a akan dikabul.

Ketiga, bertindaklah mengikuti naluri Anda. Bisa jadi jawaban atas do’a kita sudah “dibisikan” oleh Allah ke dalam hati kita. Bertindaklah dengan mengikuti apa yang terbersit dalam naluri kita. Jangan takut salah. Lakukan saja. Jangan heran, setelah Anda bertindak, ide-ide penghasil uang akan bermunculan.

Keempat, bersyukurlah atas apa pun nikmat yang telah kita dapatkan atau miliki. Sebab, jika kita bersyukur, nikmat kita akan ditambah oleh Allah. Fokuskan pikiran kita pada nikmat-nikmat tersebut. Jangan fokus pada kekurangan kita.

Kelima, memberi. Upayakan untuk tetap bisa memberi. Apa pun, tidak selalu uang. Saya menulis artikel artinya saya memberi ilmu kepada pembaca. Bisa juga dengan ebook gratis, audio gratis, dan sebagainya. Percayalah, Allah akan mengganti pemberian kita 10 kali lipat.

Keenam, harapkan kejaiban. Orang yang bertaqwa dan bertawakal, akan diberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Jadi sambil Anda berdo’a, berikhtiar, memberi, dan bersyukur, Anda boleh mengharapkan keajaiban. Yang penting, jangan mengandalkan keajaiban dengan cara berdiam diri. Saya sering mengalaminya, berbagai kejaiban datang saat saya tidak punya uang.

Kesimpulannya, jangan menyerah dengan keadaan. Saya juga pernah mengalami masa-masa sulit. Jangankan punya uang, malah punya utang. Namun, selama kita tidak menyerah, cepat atau lambat solusi akan datang. Insya Allah.

No comments:

 

Blogger news

    follow me on Twitter

    Blogroll

    About

    Bookmark and Share