Saturday, 31 October 2009

Asli Vs AsPal

Bismilahirohmanirohim,
Silahkan Membaca Blog ini dan InsyaAlloh Bermanfaat untuk yang membaca.

Antara Asli dan Asli tapi Palsu (AsPal)
Seminggu yang lalu saya dikejutkan dengan Laptop mendadak mati Total, cek dan croscek ternyata adaptornya Mati. Adaptor Laptop ini baru berumur 6 bulan dan saya sedikit mengejutkan pasalnya ini adalah Adaptor Kompatibel dalam istilah Toko komputernya Adaptor Universal yang artinya slot ujung konektornya banyak (seperti contoh gambar adaptor) bisa diganti untuk aneka Chager apa saja (yang saya ingat bisa untuk HandPhone, Laptop, dan Scaner)

Vitalnya karena Laptop saya ini untuk keperluan membuat Skripsi jadi hari ini (Sabtu) berhubung kerja libur saya berangkat ke toko komputer di Harco Mangga Dua untuk mencari dan membeli adaptor laptop.

Berhubung adaptor sebelumnya adalah kompatibel maka untuk pembelian adaptor laptop sekarang saya ingin membeli yang Originalnya. Saya cek dan tanya dari 1 toko ke toko lainnya. Di toko 1 Harga Adaptor Original ada yang 200Rb (Wah murah nih saya pikir) jadi saya minta turunin 170rb namun tidak dikasih dan saya coba cek fisiknya katanya pemilik toko itu Original, karena harga tidak turun saya permisi dahulu untuk cek harga di toko lainnya (karena dia bilang coba aja dicek ditoko lain pasti harganya 250ribuan dan memang benar saya cek toko 2 dan beberapa toko harganya ada yang 250rb atau 275 Rb namun di sini saya tidak cek Adaptornya. Karena selisih harga yang Jauh saya coba ke toko lainnya dan Jreeeng...Jreng....di toko yang sekian kalinya alias toko persingahan terakhir alias toko yang saya pilih untuk membeli Adaptor Ori ini saya diberi Sample pembanding antara Adaptor Original Asli dengan Adaptor Original Asli tapi Palsu (Aspal)
(Oh ya Laptop saya Compact dan Adaptornya HP) Nah dari sini saya di perlihatkan Adaptor yang Origianal Asli dengan Yang Aspal.
Ciri-cirinya :
1. Stiker Merk, yang Aspal mempunyai Ciri Stiker yang sangat sama dengan yang Original (klo ini rada sulit namun yang Aspal ternyata rada burem.
2. Body Fisik Adaptor, yang Aspal lebih besar dengan selisih 1 cm (Jadi Original Lebih kecil)
3. Posisi konektor Adaptor, Yang asli adanya di sebelah kiri sedangkan yang Aspal di sebelah Kanan.
4. Lampu Adaptor (Ini yang sangat Membedakan) Ternyata Adaptor yang Ori tidak memiliki lampu indikator sementara yang Aspal ada lampu indikatornya.


Waduh mantap Bozzz....ternyata...Alhamdulillah, pasalnya toko yang pertama tadi saya singahi mempunyai ciri ke 4 yaitu memiliki lampu indikator dan saya tanya harganya memang 200rb-pas semntara itu harga adaptor yang Orinya berkisar 230rb ini juga setelah Nego berat dari tawaran dia 275rb.
Berhubung pemilik tokonya sudah baik memperlihatkan dan menampilkan dan memberikan informasi berbedaan antara original dan aspal dan waktu mencari sudah 2 jam dan juga harganya 230rb ya saya membelinya di toko ini.
Akhirnya Laptop ku sudah bisa nyala kembali.
Sebagai Pembanding harga,
1. Adaptor kompatibel merk itech di semua toko yang paling murah 100rb
2. Adaptor kompatinbel (tidak ada merk) 75 rb
3. Adaptor Aspal-Asli tapi Palsu (Black Market) 200rb
4. Adaptor Original 230rb.

Saran saya klo mau membeli sesuatu croscek dahulu ke beberapa toko sebagai pembanding dan tanyakan juga (alias pura2 jadi orang Awam yang tidak tahu) dan tanya apa bedanya dengan merk....atau kok di toko sana murah Rp.....dengan begini kadang pemilik toko akan berusaha mempertahankan pelangan dan jangan lupa klo dipertahankan gitu kita nego harga juga, karena pada dasarnya saat kita sudah tahu harga di beberapa toko dan kita nego harga segitu pastilah dia (pemilik toko) akan melepas harga kita karena dia juga sudah ambil untung.

Sip....Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Wassalam,

No comments:

 

Blogger news

    follow me on Twitter

    Blogroll

    About

    Bookmark and Share