Monday, 28 December 2009

Ditemukan Gen Penyebab Kelainan Mental

Ini merupakan saduran dari websitenya dengan alamat webnya "http://www.wartakota.co.id/read/seksnseksi/17231.

Dan maksud penulis menyadur karena ini bisa menjadikan Sex Education / Pendidikan Sex bagi penulis dan pembaca namun penulis tidak bermaksud copy paste namun penulis tetap menuliskan sumbernya.

Edinburgh, Jumat

Sebuah gen bernama ABCA13 ditengarai berperan penting dalam hal kesehatan mental seseorang. hal ini diungkapkan sekelompok peneliti internasional yang menggelar penelitian ini di Edinburgh University.

Penelitian yang membandingkan 2.000 penderita penyakit mental, seperti schizophrenia dan kelainan bipolar, dengan 2.000 orang yang sehat secara psikiatris. Para peneliti menemukan gen ABCA13 pada para penderita kelainan psikologi itu tidak aktif. Maka mereka mengambil kesimpulan gen ini lah yang menyebabkan munculnya masalah kesehatan jiwa.

Douglas Blackwood, profesor di bidang psychiatri genetik di Edinburgh University mengatakan, dengan mengetahui penyebab timbulnya kelainan mental sebagai dasar menemukan cara pengobatan yang lebih baik bagi penderita penyakit psikiatris.

Para peneliti percaya bahwa gen ini mempengaruhi cara molekul lemak digunakan di otak. Kini para peneliti memfokuskan untuk mengetahui bagaimana ketidak aktivan gen itu terjadi.

Dr Ben Pickard, yang pernah tergabung dalam tim Edinburgh ini namun sekarang bekerja di University of Strathclyde,mengatakan, penelitian ini yang pertama kali mengidentifikasi kerusakan DNA yang terjadi berkali-kali dalam sebuah gen, yang berkaitan dengan kelainan psikiatri.

"Diduga kuat gen ini mempunyai peran penting dalam mengatur kerja otak, dan ditemukan kegagalan pada penderita penyakit psikiatri," ujar Pickard.

Penelitian Edinburgh University ini bekerja sama dengan universitas di Aberdeen, Skotlandia; Queensland, Australia; dan North Carolina, Amerika Serikat. butuh lima tahun bagi para peneliti untuk sampai kesimpulan tersebut. Hasil penelitian dini dipublikasi di American Journal of Human Genetics. (BBC/ink)

No comments:

 

Blogger news

    follow me on Twitter

    Blogroll

    About

    Bookmark and Share