Saturday, 22 October 2011

Menghilangkan Double Spacy

Jika bergelumat dalam pekerjaan yang notaben menggunakan excel dan data di kolom banyak suatu saat akan dihadapkan di mana hasil data tersebut ketika di convert di excel menjadi banyak spacy, menggunakan cara replace memang efektif untuk kasus sedikit namun berakibat fatal jika kasusnya banyak dikarenakan Replace akan menghasilkan Kata perkata menjadi dempet/bersatu yang mengakibatkan tidak adanya pemisah kata yaitu spacy, cara yang paling mudah dan sederhana adalah menggunakan rumus formula TRIM, berikut langkahnya dan simulasi melalui data di excel :

1. Buka data yang banyak spacy (contoh kasus di saya seperti gambar berikut)
 2. Klik mouse kiri di samping kolom kanan yang hendak dihilangkan banyak Spacy > klik formula > di inser function Or select a category : di Sort All (untuk memudahkan pencarian) dan cari TRIM > Klik OK






3.  Klik OK lagi




4. Sort mouse atau simplenya copy rumus tersebut dan di paste di sebelah kanan kosong/bawahnya (seperti simulasi gambar) dan lihat hasilnya tidak ada Double spacy (adanya spacy perkata/normal)
5. jika sudah selesai di Paste rumus di semua kolom selanjutnya menghilangkan rumus trim tersebut dikarenakan jika hasil trim data ini jika ingin dipindahkan maka tidak akan menampakan hasil.
6 caranya blok semua hasil Paste rumus trim, Copy dan paste special (di dalam excel terdapat 2 paste, paste biasa dan paste special) > lakukan perubahan dengan kilk values > OK
7. Hasil Paste special ini dapat dipindah pindahkan dengan hasil perubahan sesuai keinginan.










Semoga Informasinya Berguna,

Kuasai Ilmu untuk kemajuan Diri Sendiri dan Umat,
Lautsamudra-Marchel Beding,


(Menghilangkan Double Spacy pada Excel)

No comments:

 

Blogger news

    follow me on Twitter

    Blogroll

    About

    Bookmark and Share