Thursday, 15 August 2013

Perbaiki Shock Depan

Memperbaiki Shockbreaker Depan Motor Supra X 100cc

Bagian-bagian shockbreaker setelah diperetelin
Sudah sebulan ini shockbreaker depan motorku masalah. Kalau kena polisi tidur atau lobang dijalan serasa naik gerobak, tapi kalau dicek sama sekali gak ada kebocoran oli dari tabung. Pas kebetulan libur jadi buat kegiatan mengisi liburan gue bongkar aja tuh shockbreaker. Emang sih aturannya 15.000 km harus ganti oli.
Peralatan dan spare part yang perlu disiapin :
  1. Kunci pas/ring/shock 8mm, 14mm, 17mm
  2. Obeng + dan -
  3. Kunci  bintang T40
  4. Kunci L6 mm
  5. Oli untuk shockbreaker (merk jumbo, showa, dll) / oli SAE 10
  6. Oil Seal ukuran 26x37x10,5
Oli shock bisa pakai yang orisinilnya merk Showa harga sekitar 15.000 sekaleng, atau pakai merk jumbo harga variasi beda tiap toko antara 6.000 - 10.000 satu dus (ada dua botol), kalau aku sih pakai oli hidrolik (kebetulan di pabrik banyak), selain gratis juga kayakya lebih awet. Seal nya kalau orisinil AHM harga sekitar 40ribu sepasang, kalau yang abal-abal 13ribu sepasang. Nah buat ngakalin pakai aja sealnya punya Yamaha Force1, kalau gak salah inget harganya 25ribu sepasang.Ukurannya sama persis buat Supra X, harga miring dapet orisinil heheheheh.
Langkah pertama lepas roda, spakbor, dan rumah piston rem. Buka baut 14mm untuk melepas kedua shockbreaker. Untuk membongkar shockbreaker, tekan penutup shock bagian atas dan lepas/congkel ring penguncinya.
Keluarkan per dari dalam tabung dan buang oli di dalam tabung shockbreaker. Kocok-kocok as shockbreaker agar oli keluar semua. Biasanya kalau sudah lama gak diganti oli akan kental dan berwarna hitam seperti lumpur, dan baunya gak enak banget.
Untuk melepas tabung shock dalam, buka baut L pada bagian bawah tabung shock luar dengan menggunakan kunci L6mm. Tarik keluar tabung shock dalam, maka akan keluar beserta dengan damper rod dan rebound springnya. Cek kondisinya harus mulus tidak boleh ada yang cacat atau tergores, jika sudah cacat atau tergores harus ganti karena oli akan bocor terus melalui goresan pada batang pipa tersebut.
Bagian-bagian shockbreaker setelah diperetelin
Jika seal oli sudah bocor maka harus diganti, ciri seal oli bocor yaitu pada bagian pipa shock dalam (yang mengkilap) basah terkena oli.
Untuk melepas seal oli yang pertama lepas dulu seal debu, lalu lepas ring pengunci seal oli dan lepas sealnya dengan cara mencongkel menggunakan obeng minus dengan diberi tatakan kain tebal pada pinggir tabung shock agar tidak cacat.
Pasang seal oli yang baru, masukkan pelan-pelan dan rata jangan sampai miring. Agar bisa rata waktu memasukkan ke tabung beri alas untuk memukul yang diameternya hampir sama dan bisa masuk ke tabung shockbreaker ( pakai bearing bekas roda depan pas banget ).
Pasang seal oli lalu taruh bearing roda bekas diatasnya baru diketok pakai palu agar seal bisa masuk secara rata
Pasang ring pengunci, dan seal debu, lalu pasang tabung shock dalam beserta damper dan rebound spring, lalu kunci dengan baut pengikatnya (baut L6mm)
Isi shockbreaker dengan oli khusus shockbreaker (showa,jumbo) atau oli SAE 10 masing-masing tabung sebesar 64ml (biasanya aku pakai suntikan yang ada ukurannya untuk menakar jumlah oli).
Kalau mau memakai oli yang merk jumbo (satu kemasan ada 2 botol) isi masing-masing botol ke masing-masing tabung shockbreaker, dengan takaran kira-kira 3/4 oli dimasukkan ke tabung shock sehingga sisa 1/3 oli saja.
Masukkan 3/4 oli dari masing-masing botol ke masing-masing tabung shock
Masukkan per ke masing-masing tabung dengan posisi ulir renggang di bawah dan ulir yang rapat di atas.
Lalu pasang tutup shockbreaker atas dan juga ring penguncinya, agar mudah memasangnya pasang dulu kedua shock di motor dan kencangkan baut penguncinya , lalu masukkan tutup shock sambil ditekan menggunakan obeng dan tangan kanan, pasang penguncinya dengan tangan kiri dan tekan sampai masuk ke alur kuncinya (bunyi klik). Pasang roda, rem dan spakbor, dan shockbreaker depan tes motor di jalan bergelombang, supra X ku mentul-mentul lagi deh......
 
Berbagi Pengalaman dan Ilmu itu Manis
(Lautsamudra, Marchel Beding) - Copas artikel ini di kutip dari sini 
Memperbaiki Shockbreaker Depan Motor Supra X 100cc

No comments:

 

Blogger news

    follow me on Twitter

    Blogroll

    About

    Bookmark and Share