Wednesday, 11 March 2015

Point Nilai Taekwondo


Raisa... Ayah pernah belajar Taekwondo dan sudah memegang sabuk Merah dan sampai saat ini sudah 13 tahun tidak aktif mengajar namun tetap aktif belajar sendiri dan saking cintanya ayah dengan Beladiri ini. Raisa ayah ajarin teknik sejak berusia 2 tahun (ketika sudah mulai banyak bergerak) dan yang paling dasar dari semua Beladiri itu adalah Split Kaki. Split adalah meluruskan kaki karena sangat penting Split ini mempengaruhi jarak tendangan dan Alhamdulillah Raisa sudah bisa Split....walaupun proses dahulunya sempat ditentang Bunda dikarenakan efeknya setelah Split selangkangan Raisa sakit namun ayah tetap bertekat karena proses Split dari kecil adalah proses yang sangat mudah ketika tulang dan proses tumbuh kembang Tubuh Raisa masih tinggi maka dan akhirnya Raisa Sekarang sudah bisa Split..... Nextnya ayah pengen ajarin Taekwondo namun nanti saja karena di atasnya Taekwondo dan juga menjadi idola Beladiri Ayah adalah Jet Lee dan Dony Yen dan beladiri mereka adalah Wushu/Kungfu. Niat ayah pengen nextnya Raisa belajar beladiri tersebut.
Lanjut ke tujuan penulisan ini dalam beladiri Taekwondo selain menggunakan kaki harus hati2 karena ada sebagian penilaian dari pukulan tangan yang ke arah badan (Body Protector)
Untuk Skor berikut penulis rangkum penilaian berdasarkan arah target dan prosesnya (ternyata klo tendangan balik nilainya lebih tinggi ketimbang menendang dari arah depan)


1 Point:
Target Dada
Prosesnya adalah posisi menendang ke dari depan

2 Point:
Target Dada
Prosesnya adalah posisi menendang dari belakang.
Nilai 2 point tendangan tetap menuju ke arah dada namun yang beda adalah proses ketika menendang yaitu dari Spinning Body atau tendangan dari arah belakang
3 Point
Target Kepala
Prosesnya posisi menendang dari depan.










4 Point
Target Kepala
Prosesnya posisi menendang dari belakang.
Nilai 2 point tendangan tetap menuju ke arah dada namun yang beda adalah proses ketika menendang yaitu dari Spinning Body atau tendangan dari arah belakang

1 Point
Target Dada
Prosesnya adalah Memukul dengan berteriak. karena memukul tanpa suara kadang wasit tidak mengagap sah entah lah karena penulis belum pernah jadi wasit namun penulis hanya melihat saja dari berbagai pertandingan.





Semoga Bermanfaat untuk yang belajar dan pelatih Taekwondo

Lautsamudra/Marche Beding
(Point Nilai dalam Beladiri Taekwondo)

No comments:

 

Blogger news

    follow me on Twitter

    Blogroll

    About

    Bookmark and Share